Jumat, 02 Desember 2016

Cara Membuat Masker Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Tanpa Efek Samping


Jerawat (acne) merupakan masalah kulit di mana pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Pada umumnya terjadi pada masa remaja dan dapat sembuh dengan sendirinya. Selain itu pemicu lainnya adalah pada masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB dan stress.


 Kebanyakan orang berpendapat bahwa penyebab jerawat karena mengkonsumsi kacang-kacangan. Tetapi mulai sekarang Anda tidak perlu khawatir dengan mitos tersebut, karena sebuah riset dari American Academy of Dermatology untuk urusan kulit menyatakan hal sebaliknya yaitu “jerawat tidak disebabkan oleh cokelat, makanan berminyak, dan kacang-kacangan”. Tetapi Colorado State University Department of Health and Exercise menyarankan bahwa “untuk mengurangi gula dan makanan yang berkarbohidrat tinggi” karena pada kadar yang berlebihan akan meningkatkan kadar insulin dalam darah sebagai pemicu produksi hormon androgen yang menyebabkan kulit berminyak.

Untuk mengatasi jerawat, hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah menjaga agar kulit wajah Anda tetap bersih dan hindari pemakaian produk-produk kulit yang dapat menyebabkan pori kulit wajah Anda tersumbat.
Saat ini ada 2 metode pengobatan jerawat yang umum digunakan yaitu metode konservatif berupa pemberian obat kimiawi dan metode tradisional berupa pemberian ramuan dan obat alami yang berasal dari tumbuhan yang memiliki khasiat menghilangkan jerawat secara alami. Namun, untuk cepat atau lamanya suatu pengobatan tergantung pada tipe kulit wajah dan reaksi terhadap bahan alami tersebut.

Berikut cara ampuh menghilangkan jerawat secara herbal dan alami tanpa efek samping untuk kulit berminyak dan kering :

1. Masker Jeruk Nipis atau Lemon
Jeruk nipis dan lemon terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin B1 dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit, meremajakan kulit dan menghaluskan kulit. Caranya dengan memeras jeruk nipis atau lemon ke dalam wadah bersih, oleskan menggunakan kapas ke wajah Anda, diamkan selama 15 menit, setelah itu bilaslah menggunakan air dingin. Lakukan secara teratur setiap hari.

2. Masker Mentimun
Mentimun mengandung kadar mineral yang cukup tinggi dan nutrisinya sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak pada kulit wajah.

Caranya dengan menghancurkan mentimun sampai halus kemudian tempelkan ke wajah dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.


3. Masker Tanah Liat
Tanah liat dapat menyerap kandungan minyak pada wajah. Caranya dengan mengambil sesendok tanah liat, campurkan perasan jeruk nipis dan aduk sampai berbentuk pasta, oleskan ada wajah dan hindari area mata, diamkan selama 20 menit, kemudian bilaslah menggunakan air hangat.

4. Masker Kentang
Caranya dengan memarut dan memeras kentang sampai keluar air, diamkan selama beberapa menit di dalam wadah, ambil endapan yang terbentuk lalu oleskan ke wajah sampai 10 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

5. Masker Tomat
Tomat mampu mengatasi kulit berminyak dan kering. Caranya haluskan tomat dan campurkan dengan perasan jeruk nipis, lalu oleskan masker tersebut ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.


Diatas merupakan cara membuat masker alami untuk menghilangkan tanpa efek samping menggunakan buah-buahan dan bahan alami lainnya. Tentu saja dengan adanya artikel ini bisa membantu anda menghilangkan jerawat dan merawat wajah Anda agar tetap sehat.


Tidak ada komentar:
Write komentar